Teknologi Informasi dan Jurusan Manajemen

https://www.straighterline.com/blog/how-to-get-started-in-information-technology/

Dikutip dari Wikipedia, “Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.”

Apa hubungannya dengan jurusan Manajemen? Banyak!

Dilihat dari penggunaan teknologi dalam kegiatan sehari-hari pun, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi manusia tidak terlepas dari teknologi. Sehingga bisa dikatakan teknologi sangat lah penting untuk menunjang kehidupan manusia. Juga untuk menunjang kegiatan pembelajaran, teknologi sangat lah dibutuhkan. Adapun contoh pemanfaatan teknologi untuk jurusan Manajemen di Universitas Widyatama:

Fasilitas Kampus

http://mhs.widyatama.ac.id/
  1. Portal Mahasiswa. Untuk mempermudah mahasiswa dalam mengakses informasi perkuliahan, Utama memfasilitasi mahasiswanya dengan Portal Mahasiswa. Dalam portal ini mahasiswa bisa mengakses jadwal perkuliahan, hasil studi, pembayaran, dll. secara daring.
  2. E-Learning. Beberapa mata kuliah Manajemen yang diajarkan secara elektronik adalah Sisologi dan Politik, Pengantar Bisnis, Pengantar Manajemen, dll. Dengan adanya pembelajaran secara elektronik, mahasiswa lebih dipermudah dalam mengerjakan tugasnya, bisa dimana pun dan kapan pun (sebelum deadline).
  3. Taping kehadiran. Selain tandatangan secara manual, kehadiran di Utama juga dilakukan secara modern dengan taping KTM ke alat tap. KTM juga bisa berfungsi sebagai uang elektronik.

Mata Kuliah Aplikasi Komputer

Ms. Excel

Salah satu mata kuliah jurusan Manajemen adalah Aplikasi Komputer. Dalam mata kuliah tersebut, dipelajari materi mengenai perkembangan komputer, internet, aplikasi-aplikasi, aplikasi yang mendukung pekerjaan manajemen seperti Microsoft Excel, dll.

Mata kuliah ini sangat penting karena di dunia kerja pun pekerjaan manajemen tidak terlepas dari teknologi dan komputer.

Mata Kuliah SAP Fundamental

http://www.wongrantau.com/2018/10/sap-fundamental-soal-sertifikasi-sap.html

Dikutip dari Blog Agnes Vinelda, SAP (System Application and Product in data processing ) adalah suatu software yang dikembangkan untuk mendukung suatu organisasi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya secara lebih efisien dan efektif. SAP merupakan software Enterprise Resources Planning (ERP), yaitu suatu tools IT dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Merupakan salah satu mata kuliah khusus di jurusan Manajemen Utama. Aplikasi ini memperjelas bahwa teknologi sangat penting untuk jurusan Manajemen, karena sesuai pengertiannya aplikasi ini mendukung organisasi menjalankan kegiatan operasional secara lebih efektif dan efisien.

Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM)

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-fungsi-dan-tujuan-sistem-informasi-manajemen-beserta-contohnya-lengkap/

Dalam mata kuliah Aplikasi Komputer dibahas mengenai sistem informasi, dan di mata kuliah ini dibahas secara lebih khusus. SAP Fundamental pun salah satu contoh dari aplikasi SIM. Oleh karena itu, SIM sangat penting untuk jurusan Manajemen.

Kesimpulan

Dari beberapa contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi sangat lah penting dalam kehidupan manusia dan bisa dibilang tidak bisa dipisahkan. Untuk jurusan Manajemen pun demikian. Pentingnya Teknologi Informasi bagi jurusan Manajemen ini ditunjukkan dengan beberapa fasilitas kampus yang sangat memudahkan mahasiswa, dan beberapa mata kuliah yang memanfaatkan teknologi.

Published by

Isma Fahira

Halo! I am a textrovert, feel free to chit chat with me.